Senin, 24 September 2012

Kawasaki Ninja ZX-6R New Look

Sumber : Motorplus

From 600 up to 636 cc !!



Lewat gelaran Times Square Takeover di New York, Kawasaki Ninja ZX-6R terbaru resmi dirilis. Spesifikasi teknisnya juga sudah gamblang bisa dilihat. Paling menyita perhatian adalah pada kapastas ruang bakarnya yang kembali ke 636 cc, naik setelah 6 tahun belakangan mengusung kapasitas mesin 599 cc.

Kapasitas mesin yang lebih besar ini diperoleh dari langkah piston atau stoke yang diperpanjang. Meningkat dari 42,5 mm jadi 45,1 mm. Sedang diameter pistonnya tetap 67 mm, hasilnya kapasitas ruang bakarnya naik 37 cc. Mesin 4 silinder ini juga dibekali dengan throttle body lebih gambot kini diameternya jadi 38 mm.

Sejauh ini terlihat sekali kalau Kawasaki memang mau meningkatkan torsi moge supersportnya ini. Tenaganya diharapkan langsung galak meski masih di putaran rendah. Mendukung perubahan ini, langkah lainnya juga dilakukan, seperti mendesain ulang camshaft atau noken as yang kini dibuat memiliki durasi lebih lama dan lift yang makin tinggi. Air filter barunya juga diyakini mampu menambah volume udara yang masuk hingga 12,5 persen.

Motor ini juga dilengkapi dengan fitur kopling baru, memiliki fungsi assist dan slipper. Selain itu ada pula Kawasaki Traction Control (KTRC) dengan 3 pilihan mode sensitifitasnya, untuk penggunaan balap, harian di jalanan dan menghilangkan selip roda belakang sekecil apapun khususnya saat hujan atau melintas di jalanan tidak rata. Fitur KTRC ini bisa diubah lewat tombol panel setang sebelah kiri.

Motor ini juga dilengkapi dengan dua pilihan out put power yang bisa dirasakan oleh pengendaranya, ada full power dan low power. Pada kondisi low power, tenaga mesin hanya tersalurkan 80 persen saja, tidak lebih! Cocok untuk rider pemula atau pengendalian di jalan raya.


Lampu Reflektor depan mirip dengan Kawasaki Ninja ZX-10R, lebih tajam dengan desain meruncing. Sedang fairingnya dari samping punya banyak lekukan tajam dengan lubang udara berukuran besar. Pastinya untuk memperlancar aliran udara mengusir panas mesin.


Sedang buntut dan area tangki masih kental nuansa ZX-6R terdahulu. Volume ruang bakar yang lebih besar bisa dilihat dari stiker "636" di area samping fairingnya.

Sayangnya belum diketahui banyak tentang perubahan spesifikasinya. Yang jelas motor ini akan hadir ke pasaran dengan varian berfitur anti lock brake system (ABS).

Nah bagi Riders yang berminat dengan Kawasaki Ninja ZX-636R ini, tunggu saja tanggal mainnya...


Detail Spec
Engine: Four-stroke, liquid-cooled, DOHC, four valves per cylinder, inline-four
Displacement: 636 cc
Bore x Stroke: 67.0 x 45.1mm
Compression Ratio: 12.9:1
Fuel System: DFI® with four 38mm Keihin throttle bodies and oval sub-throttles
Ignition: TCBI with digital advance
Transmission: 6-Speed
Final Drive: 520 series X-ring chain
Rake/Trail: 23.5 degrees / 4.0 in.
Frame type: Aluminum perimeter
Front Tire Size: 120/70-ZR17
Rear Tire Size: 180/55-ZR17
Wheelbase: 54.9 in.
Front Suspension / wheel travel: 41mm inverted Showa BP-SFF fork with top-out springs, stepless compression and rebound damping, adjustable spring preload / 4.7 in.
Rear Suspension / wheel travel: Bottom-link Uni-Trak® with gas-charged shock, top-out spring and pillow ball upper mount, stepless compression damping, 25-way adjustable rebound damping, fully adjustable spring preload / 5.3 in.
Front Brakes: Dual 310mm petal rotors with dual radial-mount, Nissin four-piston, monobloc calipers
Rear Brakes: Single 220mm petal rotor with single-piston caliper
Fuel Capacity: 4.5 gal.
Seat Height: 32.7 in.
Curb Weight: 423.4 lbs.
Overall Length: 82.1 in.
Overall Width: 27.8 in.
Overall Height: 43.9 in.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan memberikan komentar terhadap posting kami